www.wikipedia.com

Wednesday, November 26, 2008

CORET MORET 1


Menurut Karen Amstrong, Ali Syariati, secara menarik, mengaitkan Tuhan dengan Ka’bah. “Mengapa Ka’bah hanya berupa kubus sederhana, tanpa dekorasi dan ornament? Karena, kata Syari’ati, Ka’bah mewakili rahasia Tuhan di alam semesta: Tuhan tak berbentuk, tak berwarna, tanpa keserupaan, sehingga bentuk atau kondisi apapun yang dipilih, dilihat atau dibayangkan manusia, itu bukanlah Tuhan”.

Martin Buber [1878-1965] menyatakan bahwa hidup adalah dialog tanpa akhir dengan Tuhan, yang tidak membinasakan kebebasan atau kreativitas kita. Ini karena Tuhan tidak pernah menyatakan kepada kita tentang apa yang dituntut-NYa atas diri kita.

Ernst Bloch [1885-1977] menyatakan bahwa Tuhan sangat dibutuhkan bagi kondisi yang melingkungi manusia. Dia memandang Tuhan sebagai cita-cita manusia yang belum terwujud. Dalam bahasa P. Hernowo, karena kita harus hidup di masa depan, kita pun memerlukan Tuhan.

Max Horkheimer [1895-1973], apakah Tuhan ada atau tidak, atau seseorang “beriman kepada-Nya” atau tidak bukan merupakan persoalan. Tanpa ide tentang Tuhan takkan ada makna, kebenaran, atau moralitas mutlak: etika hanya menjadi soal selera, rasa, atau perilaku.

E.F Schumacher sang ekonom pro rakyat kecil, bilang bahwa “apabila ‘ruang spiritual’ yang ada pada diri kita tidak diisi dengan dorongan yang lebih tinggi, pastilah ruang itu akan penuh dihuni oleh sesuatu yang lebih rendah-sikap hidup yang kerdil, keji, dan kikir, yang ditutup-tutupi oleh kalkulus ekonomi”, aku sadar betapa butuhnya aku akan Tuhan.

“Take doubts and mockery as a leverage to strengthen our will and fight with our best ability. Prove to people that all dreams can come true”.

Hati adalah gudang kekayaan dimana misteri 4jj1 tersimpan, carilah manfaat kedua dunia melalui hati, karena memang disitulah intinya [Lahiji].

Bu Ira 031-8202219 [jawapos]. Gus Mus 081565200097, pak Zainul Arifin 0341-7327809, Mas Romi 08990358919, PP Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahman-Sananrejo-Turen [0341-828106], Kyai Bahru Mafdloluddin. Tyas Jufoc [081334713403].

Sang Pemimpi, I shall return to sky take cassanova Muhammad in The Heaven, Shollu Alannabi Ya Habiba4jj1.

Ijtanibussab’a almuubiqooti; as-syirkabillah, wasichra, wapotlannafsillatii charomallahu illa bilhaq, wa aqlariba, waaqlamaallilyatim, wattuwalli yaumazzachfi, waqodzfalmuhsonaatil ghoofilatil mu’minaati.

Menurut neorolog dan antropolog biloogi Harvard, Terrance Deacon, jika kita mampu menggunakan SQ , maka kita akan menumbuhkan otak manusiawi kita. SQ telah “menyalakan” diri kita untuk menjadi manusia seperti adanya sekarang dan memberi kita potensi untuk “menyala lagi”-untuk tumbuh dan berubah, serta menjalani lebih lanjut evolusi potensi manusiawi kita.

“Otak adalah alam semesta seberat hampir setengah kilo,” kata Marian C. Diamond, ahli neuroanatomi di Department of Integrative Biology, Universitas California.

“Otak Anda bagaikan raksasa tidur,” kata Tony Buzan.

“Manusia memiliki 3 macam otak yang disebut ‘triune brain’, yaitu neokorteks, otak tengah/sistem limbik, dan otak primitif”, kata Paul Maclean.

Salah satu produk hebat otak manusia adalah bahasa. Hanya makhluk bernama manusia yang dapat menunjukkan rasa bahagianya lewat bahasa. Dan manusia, sepertinya, hanya mampu mendapatkan Tuhannya melalui bahasa.


No comments: